Right Now Consulting
Typically replies in a few hours
Thank you for contacting Right Now Consulting! Please let us know how can we assist you?
Start Chat

Kriteria Fasilitas Perusahaan Bebas Pajak Penghasilan (PPh)

380 Views  | 

Kriteria Fasilitas Perusahaan Bebas Pajak Penghasilan (PPh)

Berdasarkan peraturan pajak terbaru PMK No. 66 Tahun 2023 yang berlaku mulai 01 Juli 2023, terdapat beberapa kriteria agar fasilitas perusahaan yang diberikan kepada karyawan tidak dikenakan Pajak Penghasilan (PPh):

1) Makanan dan Minuman untuk Karyawan

Pemberian makanan dan minuman untuk karyawan tidak dikenakan PPh jika disediakan bagi seluruh karyawan di lingkungan kerja, dan tidak diberikan dalam bentuk uang tunai. Sedangkan pemberian makanan dan minuman dalam bentuk kupon makan, maksimal sebesar Rp2.000.000 per bulan.

2) Fasilitas Kesehatan dan Keamanan Kerja

Fasilitas Kesehatan dan keamanan kerja tidak dikenakan PPh jika dinilai mendukung guna meningkatkan pendapatan perusahaan, seperti pemberian obat-obatan / vaksin, pakaian seragam, dan peralatan yang menunjang keselamatan kerja, juga fasilitas antar jemput karyawan.

3) Bingkisan (Hampers) Hari Raya

Pemberian bingkisan (hampers) hari raya keagamaan, yaitu; Idul Fitri, Natal, Nyepi, Waisak, dan Imlek kepada seluruh karyawan tidak dikenakan PPh. Sedangkan untuk bingkisan selain bingkisan hari raya keagamaan di atas bebas PPh selama tidak melebihi Rp3.000.000 per tahun.

4) Peralatan dan Fasilitas Kerja

Pemberian peralatan dan fasilitas kerja, seperti laptop, komputer, ponsel, dan koneksi internet tidak dikenakan PPh jika dinilai mendukung guna meningkatkan pendapatan perusahaan.

5) Fasilitas Tempat Tinggal

Fasilitas tempat tinggal tidak dikenakan PPh selama tidak melebihi Rp2.000.000 per bulan.

6) Fasilitas Olahraga

Fasilitas olahraga selain golf, pacuan kuda, power boating, terbang layang, dan otomotif tidak dikenakan PPh selama tidak melebihi Rp1.500.000 per tahun.


Right Now Consulting is tax consultant in Bali who is focusing to help individuals and businesses with their Accounting and Taxation matters. Right Now Consulting provides accounting / bookkeeping, tax consultant / taxation, and company formation / incorporation / setup services (CV / PT / PT PMA).

Powered by MakeWebEasy.com
This website uses cookies for best user experience, to find out more you can go to our Privacy Policy  and  Cookies Policy