Laporan Keuangan dan Fungsinya dalam Bisnis

104 Views  | 

Laporan Keuangan dan Fungsinya dalam Bisnis

Laporan keuangan adalah catatan tertulis yang merekam aktivitas keuangan untuk mempresentasikan kinerja dan kondisi keuangan suatu bisnis / perusahaan. Merujuk pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), terdapat 5 jenis laporan keuangan - 3 di antaranya lebih utama dan lebih sering digunakan, yaitu; laporan laba rugi, neraca keuangan, dan laporan arus kas.

  1. Laporan Laba Rugi (Income Statement) - adalah laporan keuangan yang berisikan pengeluaran (biaya-biaya) dan pemasukan (pendapatan) dari suatu usaha atau bisnis dalam periode tertentu, sehingga mengikhtisarkan keuntungan atau kerugian bersih. Laporan laba rugi juga digunakan sebagai bahan evaluasi oleh pemilik usaha untuk dapat menentukan strategi bisnis ke depannya.
  2. Neraca Keuangan (Balance Sheet) - adalah laporan keuangan yang menunjukkan ikhtisar dari aset (aktiva / harta), hutang (liabilitas), dan modal (ekuitas) sehingga dapat mempresentasikan kondisi keuangan suatu bisnis / perusahaan.
  3. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement) - adalah laporan keuangan yang merangkum pergerakan kas dalam bisnis / perusahaan dari segi operasional, pendanaan, dan investasi untuk mempresentasikan seberapa baik pengaturan posisi kas yang dilakukan.

 

Apa fungsi laporan keuangan untuk bisnis kamu?

Laporan keuangan dapat memberikan banyak manfaat untuk bisnis kamu, beberapa manfaat utamanya yaitu:

  • Untuk mengetahui / mengukur bagaimana kinerja dan kondisi keuangan bisnis secara akurat
  • Untuk mendapatkan pendanaan (funding) baik dari investor ataupun kreditur (e.g. bank)
  • Untuk perhitungan dan pelaporan pajak

Powered by MakeWebEasy.com
This website uses cookies for best user experience, to find out more you can go to our Privacy Policy  and  Cookies Policy